Sejarah Maenpo Cikalong (3)

March 23, 2008 § Leave a comment

Versi 2. Pertemuan dengan Bang Madi

Sebenarnya, apa yang berbeda dari versi pertama dan kedua adalah proses pertemuan itu sendiri, hal-hal lainnya relatif sama. Menurut versi ini pun Bang Madi adalah kawan Bang Ma’ruf, dan sama-sama berdagang kuda. Tetapi di versi kedua ini disebutkan bahwa salah satu keahlian Bang Madi adalah menundukkan kuda-kuda yang masih liar. Hal itulah yang mengawali pertemuan Bang Madi dengan Rd. H. Ibrahim Djajaperbata. Di versi kedua ini tidak disebutkan kalau Bang Madi pernah melihat Bang Ma’ruf sedang melatih Maenpo ke Rd. H. Ibrahim.

Pertemuan Bang Madi dengan Rd. H. Ibrahim diawali ketika Rd. H. Ibrahim membeli seekor kuda eropa yang sangat besar, sedikit liar dan membutuhkan penggantian tapal kuda yang baru. Akhirnya Rd. H. Ibrahim membawanya ke Bang Madi yang memang ahli menangani kuda yang agak liar. Bang Madi menyanggupi ketika Rd. H. Ibrahim datang dan memintanya mengganti tapal kuda, dengan tenang dia mengganti tapal kuda. Tiba-tiba ketika sedang membuka tapal yang lama, kuda itu menendang sehingga membahayakan jiwa Bang Madi. Bang Madi dengan refleks dan rileksnya menangkis yang mengakibatkan kaki kuda itu patah.

Apa yang terjadi itu bukannya membuat Rd. H. Ibrahim marah, tetapi kagum dan penasaran. Dia tidak menyangka sama sekali dengan perawakan yang kecil dan terlihat lemah Bang Madi bisa melakukan sesuatu yang dia sendiri tidak yakin bisa melakukannya. Dari sini kisahnya sama seperti yang terjadi di versi pertama ketika Rd. H. Ibrahim mencoba mengadu jurus dengan Bang Madi.

——————————-

Disadur dari tulisan Kang Mpay, yang pernah menuliskan-nya di forum kaskus.us

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Sejarah Maenpo Cikalong (3) at eureka....!!!.

meta

%d bloggers like this: