Sejarah Maenpo Cikalong (6)

March 23, 2008 § Leave a comment

Kembali ke Bang Kari. Bang Kari sendiri dikenal sebagai jago beladiri tidak hanya di Kampung Benteng, tetapi sampai Batavia. Dan Maenpo nya lebih menekankan kepada ilmu pukulan, itulah sebabnya ketika ilmu itu diwarisi oleh Rd. H. Ibrahim, aliran ini di Cikalong disebut sebagai “Maenpo Peupeuhan“.

Ketika menemui Bang Kari, dan mengungkapkan keinginannya untuk berguru, Rd. H. Ibrahim diuji dulu kemampuan silatnya. Diuji berupa ilmu fisik maupun kedewasaan dan kematangan karakter. Setelah ujian itu, apalagi Rd. H. Ibrahim datang “dikirim” oleh sobatnya Bang Madi, Bang Kari sadar kalau Rd. H. Ibrahim adalah murid yang sangat istimewa. Istimewa baik itu dalam karakter maupun kemampuan dan dedikasinya dalam Maenpo. Karena itu Bang Kari menerimanya sebagai murid, walaupun begitu… Bang Kari memberikan nasehat yang sangat panjang kepada Rd. H. Ibrahim, salah satunya adalah 5 hal yang harus dijauhi oleh ia ketika mewarisi ilmu Maenpo nya, yaitu:

1. Ujub (Berpuas diri dan merasa cukup)
2. Riya (Melakukannya untuk menyombongkan diri)
3. Takabur (Merasa paling bisa dan paling jago)
4. Sum’ah (Melakukannya karena mencari pujian dan ingin dianggap jago)
5. Dholim (Menyakiti orang lain).

Setelah itu, Bang Kari dan Rd. H. Ibrahim melakukan sumpah guru dan murid. Bentuk upacara yang dilakukan adalah duduk berdua di atas kain kafan yang melambangkan kesucian dan saling berjabat tangan sambil menghadap Kiblat. Sebelumnya saling membersihkan diri dulu, baik itu fisik maupun rohaninya (dengan mandi dan berpuasa). Sesudah itu “ditalek”, atau ditanya… apakah sumpah itu dilaksanakan dalam keadaan sehat jasmani maupun rohani dan tanpa paksaan. Setelah itu baru mengucapkan sumpah yang intinya akan mengikuti semua aturan yang diberikan oleh Guru dan Agama.

——————————-

Disadur dari tulisan Kang Mpay, yang pernah menuliskan-nya di forum kaskus.us

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Sejarah Maenpo Cikalong (6) at eureka....!!!.

meta

%d bloggers like this: